Selasa, 13 Desember 2016

Objek Wisata Alam Kalibiru Di Kulonprogo Jogjakarta

wisata alam kalibiru kulonprogo, foto kalibiru terbaru

Mungkin kamu sudah sering mendengar nama objek wisata yang satu ini. Banyak yang bilang kalau pemandangan alam yang ada disana sangat bagus untuk di jadikan spot berfoto. Wisata alam kalibiru ini disebut dengan hutan kemasyarakatan kalibiru dikarenakan hutan ini adalah objek wisata alam jogja yang pengelolanya adalah masyarakat.

Wisata di desa kalibiru

Desa yang penghuninya merupakan orang-orang yang ramah tamah ini merupakan sebuah desa yang asri dengan pesona alam yang menakjubkan serta budaya lokalnya yang terkenal sangat menarik. Jika kamu berlibur ke desa ini, kamu akan mendapati suasana alam yang meyejukkan mata. Di sini pertanian, kesenian, peternakannya berpotensi cukup baik. Kamu juga akan dihibur dengan berbagai macam atraksi budaya setempat. Menjadikan tempat ini sebagai sebuah tempat wisata favorit yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sini dan tak ingin cepat-cepat pulang. Mulai dari wisatawan lokal, sampai mancanegara pun menyukai tempat wisata yang satu ini.

Desa wisata kalibiru ini sendiri terletak di Jogja, tepatnya di daerah perbukitan Menoreh Kulonprogo pada ketinggian 450 mdpl. Letaknya berada pada sebuah desa yang asri yang dinamakan desa Hargowilis, kecamatan Kokap kabupaten kulonprogo.  Panoramanya yang indah, adat dan budayanya yang kental membuat wisatawan tertarik untuk datang ke desa ini. objek wisata ini berada di atas waduk sermo, yaitu satu-satunya waduk yang terdapat di daerah istimewa Yogyakarta. Apabila kamu sudah berada di pucak, kamu akan melihat pemandangan bentangan waduk sermo yang dikelilingi hamparan hijau dan perbukitan dari atas puncak tersebut.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, kamu bisa menempuh beberapa rute perjalanan, yaitu jika kamu berangkat dari kota Yogyakarta, maka kamu akan menempuh jarak sekitar 45 kilometer dengan memakan waktu kurang lebih sekitar 1 jam untuk sampai ke wisata alam kalibiru yang terletak di jalan semo, kalibiru ini.

Rute yang kedua adalah, kamu juga bisa sampai di desa kallibiru dengan rute perjalanan dari jalur malioboro,purworejo. Kamu terlebih dahulu berkendara mengikuti jalur malioboro hingga tiba di Terminal yang bernama Terminal Wates, Purworejo. Setelah kamu tiba di terminal wates ini, kamu akan tiba di jalan ke arah waduk sermo. Kamu akan menemukan papan petunjuk jalan yang menunjukkan jalan ke arah waduk sermo.

Rute menuju desa kalibiru yang ketiga adalah dari semo. Setelah kamu berada di jalan yang arahnya menuju waduk sermo, lanjutkanlah perjalanan menuju sentolo, kemudian kamu akan melewati jembatan yang bernama Jembatan Bantar, yaitu jembatan yang terdiri dari 3 jembatan yang berjajar. Setelah melewati jembatan ini Kamu akan sampai ke stasiun sentolo. Dari sana akan tampak petunjuk jalan yang menunjukkan arah jalan ke Pengasih, Wates. Ambilah jalan itu untuk sampai ke desa kalibiru.

Tiket Masuk ke desa wisata kalibiru

Untuk dapat masuk ke tempat wisata alam kalibiru, kamu harus membayar tiket masuk dengan harga hanya sebesar 5 ribu rupiah, jika kamu membawa kendaraan bermotor kamu akan dikenakan tambahan tarif biaya parker sebesar 2 ribu rupiah dan 5 ribu untuk kendaraan mobil. Dengan harga yang sangat murah ini kamu sudah bisa menikmati pesona alam wisata kalibiru yang akan memanjakan diri kamu dengan keindahan alamnya yang takkan kamu temukan di tempat lain.

Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai wisata alam kalibiru, untuk kamu yang menyukai liburan,  wisata alam kalibiru ini adalah salah satu objek wisata yang direkomendasikan. Selamat berlibur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar