Kamis, 08 Desember 2016

Keindahan Wisata Pulau Semiun di Natuna Yang Menakjubkan

pulau semiun, wisata pulau semiun, pulau semiun natuna

Indonesia adalah Negara kepulauan yang diantara pulaunya terdapat pulau-pulau yang kecil dan terletak di garis terluar batas negara yang menyebabkan sebagian besar pulau-pulau ini tak memiliki penghuni. Salah satu dari sebagian besar pulau kecil ini merupakan pulau yang berada pada wilayah gugusan kepulauan Natuna, pulau ini merupakan sebuah pulau yang keadaan alamnya sangat indah dan asri serta udaranya yang segar. Tetapi sayang, sebagian besar orang belum mengetahuinya. Pulau yang terletak di gugusan kepulauan Natuna ini memang memiliki keindahan yang luar biasa yang harus dipertimbangkan. Tahukah anda apakah pulau kecil yang indah yang terletak di gugusan pulau natuna tersebut?

Pulau Semiun

Pulau tersebut merupakan sebuah pulau yang bernama Pulau Semiun. Pulau Semiun adalah sebuah pulau kecil yang pada awal-mulanya merupakan sebuah pulau kecil yang tak berpenghuni karena letaknya yang begitu jauh dan juga akses menuju pulau ini sangat sulit dijangkau. Pada zaman dahulu pulau ini sebenarnya adalah tempat pelabuhan kapal-kapal untuk berdagang milik Negara asing. Pulau kecil Semiun ini hanya memiliki luas tidak lebih dari 18 kilometer yang berbatasan langsung dengan Pulau Anambas.

Pulau Semiun ini terletak di bagian barat laut. Jika kita perhatikan secara administrasinya, Pulau Semiun ini sebenarnya adalah Pulau yang termasuk ke dalam wilayah Pulau Laut, Natuna. Pulau ini adalah pulau yang terabaikan karena pemerintah setempat kurang memperhatikan pulau ini. Salah satu hal yang menjadi penyebab masyarakat enggan mendiami pulau ini adalah karena belum ada satupun fasilitas yang dibangun di pulau kecil yang satu ini.

Akan tetapi, ternyata si cantik pulau kecil semiun ini sekarang sudah dihuni oleh beberapa orang manusia, walaupun masih sangat sedikit yang menghuninya, yaitu hanya 2 kepala keluarga yang total anggota keseluruhannya adalah 5 orang. Kepala keluarga tersebut juga sudah tinggal di pulau ini cukup lama. Mereka yakin suatu saat pemerintah akan memperhatikan dan perduli dengan pulau ini dikarenakan keindahannya yang alami dan sangat mempesona.

Kepala keluarga tersebut bertahan hidup dengan keadaan yang seadanya. Mereka harus pergi ke pulau laut di natuna untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Tak jarang mereka melakukan transaksi dengan cara  barter untuk menukar hasil alam yang mereka miliki dengan barang yang ingin mereka beli. Diantara hasil alam itu adalah ikan, kelapa, cengkeh dan hasil alam yang lainnya yang mereka dapatkan di pulau semiun.

Keindahan alam yang dimiliki pulau semiun

Pulau Kecil Semiun ini sebenarnya memiliki potensi yang cukup bagus karena pulau semiun ini adalah sebuah tempat yang menjadi habitat alami dan tempat berkembang biak bagi penyu hijau. Dan perlu diketahui, pulau semiun juga ternyata merupakan salah satu pulau penghasil telur penyu terbanyak setelah pulau sekatung.

Pada saat musim kembang-biak tiba, penyu-penyu akan berkumpul di tepi pantai pulau semiun untuk mengeluarkan telur-telurnya. Kondisi pantai di pulau ini pun masih bagus dan asri. Jika dilihat dari segi keindahan untuk berwisata,  ternyata pulau ini berpotensi tinggi untuk dikembangkan menjadi salah satu objek wisata nusantara Indonesia, karena tempatnya yang indah dan suasana alamnya yang sangat sejuk dan asri serta dapat dijadikan rumah bagi penyu-penyu.

Hal ini akan berdampak positif untuk kemajuan perekonomian masyarakat sekitar pulau semiun. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari informasi mengenai potensi wisata yang ada di pulau semiun maupun semua keindahan yang ada di dalamnya. Selamat berwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar